Monday 10 October 2016

Ikan guppy merupakan ikan yang sangat mudak berkembang biak. Budidaya ikan guppy dapat dikembang biakan dengan bahan seadanya dan tidak perlu mahal. berikut penjelasan dan langkahnya :
Wadah/Tempat Budidaya Ikan Guppy

Peralatan yang dibutuhkan seperti. aquarium/ember, aerator dan tanaman. aquarium/ember dapat diganti barang apapun seperti bak, atau kolam ikan.

wadah tersebut setidaknya ada empat fungsi, antara lain utnuk tempat pemisahan induknya, tempat pemijahan, tempat melahirkan, dan tempat penederan. Luas dan ukuran wadah yang digunakan untuk budidaya ikan guppy bermacam-macam karena disesuakain dengan jumlah ikan didalamnya.

Memilih Indukkan

Untuk memeilih indukan pertama kita harus mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina. Perbedaan Jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Ikan guppy betina bentuknya lebih membulat dengan warna yang cenderung kusam atau pudar dan tidak memiliki sirip yang menjumbai. Sedangkan ikan jantan memilik warna yang sangat kontras dan menarik (terang), tubuhnya ramping dan memiliki sirip menjumbai. Ukuran tubuh ikan betina lebih besar daripada jantan.

Untuk Indukkan yang sudah siap untuk dipijahkan meinimal berusia 4 bulan. Warna dan bentuknya  sangat ditentukan oleh faktor genetis. Untuk  mendapatkan hasil keturunan ikan guppy yang bagus pilihlah indukan yang memiliki kwalitas bagus. Dapat juga kita melakukan penyilangan induk guppy dengan pejantan yang berbeda jenis agar dapat menghasilkan keturunan atau jenis yang baru.

Proses Pemisahan Indukan

Sebelum dipijahkan, indukan jantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu. Ikan guppy jantan dan betina ditempatkan dengan wadah yang berbeda. Wadah diisi dengan air bersih dan diganti setiap 1-3 hari sekali untuk menjagga kwalitas air tetap bagus. Untuk pergantian air cukup diganti air setengahnya aja agar ikan tidak kaget dengan air yang baru.

Berbeda dengan pemisahan pada umumnya, pemisahan ikan guppy ini dilakukan dengan tetap memberi makan. Pemberian makan ikan guppy dapat berupa daphia atau moina (sejenis kutu air) sekitar 2 hari sekali. Proses ini dapat berguna agar indukan tetap fit ketika proses pemijahan.

Pemijahan Ikan Guppy

Sebelum poses pemijahan, isi wadah pemijahan dengan air bersih yang telah diendapkan dengan kurun waktu sekitar 24 jam. Kedalaman air untuk tempat pemijahan sekitar 25 cm. Dan untuk 100 liter air dapat diisi sekitar 30 ekeor ikan guppy.

Pemijahan ikan guppy dapat dilakukan satu banding satu atau secara massal. Untuk mendapatkan hasilyang lebih cepat dan banyak dapat dilakukan dengan pemijahan massal. Untuk mendaptkan hasil yang bagus dapat dilakukan dengan cara pemijahan 1 : 1 atau 1 : 5.


Masukkan indukan betina terlebih dahulu pada pagi hari. Kemudian sore harinya masukkan pejantan yang memiliki kwalitas bagus. Pada pemijahan massal belum tenteu semua ikan memijah pada hari yang sama. Biasanya pemijahan dibiarkan berlangsung selama 4 sampai 7 hari. Segera pisahkan betina yang telah dibuahi kedalam wadah berbeda (penetasan).

Pentesan Benih

Tempat penetasan diisi dengan air bersih dan diberi airator. Pemberian aerator jangan terlalu besar agar tidak menimbulkan burayak ikan guppy mabuk akibat gelembung air yang kencang. Kwalitas air harus tetap terjaga selamaproses pembesaran, pergantian air dilakukan hanya sepertiga air dan diganti dengan air yang baru setiap 2-3 hari sekali. Beri makan indukkan setiap 2 hari sekali berupa kutu air.

Ikan guppy merukan jenis ikan yang melahirkan. Embrio tumbuh didalam perut hingga siap untuk dilahirkan. Lama kehamilan induk guppy terhitung mulai dari pemijahanhingga kelahiran berlangsung sekitar kurang lebih 3 sampai 4 minggu.

Ciri-ciri ikan guppy yang hamil dapat dilihat setelah 2 minggu sejak waktu pemijahan. Tndanya ada area gelap dibagian bawah anus atau terlihat seperti bercak kelahiran dan perutnya sedikit mengembung. Apabila tidak ada ciri-ciri hamil, ambil indukkan dan pijahkan kembali.

Ikan guppy betina mempunyai kemampuan menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga betinda dapat hamil hingg 2-3 kali dalam satu pembuahan. Dengan jarak waktu sekitar 1 - 5 minggu.

Dalam satu kelahiran, indukkan ikan guppy dapat melahirkan 30 sampai 100 ekor burayak. Burayak-burayak tersebut harus cepat dipisahkan dari indukknya karena indukkan ikan guppy memiliki sifat memakan burayak tersebut.

Pembesaran Ikan Guppu (Burayak)

Beri makan burayak dengan microworm agar burayak dapat berkembang dengan baik. Pemberian Makan burayak harus teratur atau 2 kali sehari pagi dan sore. Setelah 20 hari buryak dapat dilihat mana jantan dan mana betina. Kita dapat memilah berdasarkan jenis kelamin dan kwalitas guppy agar dapat memiliki harga jual yang bagus.

Nah demikian Cara Mudah Dan Praktis Budidaya Ikan Guppy Tanpa Mahal. Semoga bermanfaat buat Pemulla dan pencinta guppy .^_^

0 comments:

Post a Comment