Thursday 6 October 2016

Berawal dari pengalaman saya pribadi yaitu merawat ikan guppy sebagai hobbi, sangat merasa resah dengan kebiasaan induk ikan guppy yang memakan anakan burayak yang baru lahir atau masih kecil. setiap kali beranak banyak kesokan harinya selalu tinggal sedikit. dari situ saya mencari cara bagaimana agar anakan ikan guppy tersebut tidak dimakan indukanya pasca melahirkan. dan akhirnya saya menemukan ide tersebut, Ide ini sebenarnya sangat simpel dan mudah dipratikkan, bahan yang digunakannya pun sangat mudah dicari, bahan yang digunakan yaitu:


1. Bak atau tempat ikan untuk beranak.
2. ceting (tempat nasi genduri kalau dikampung saya) yang memiliki lubang kecil kecil seperti saringan. dan kira- kira burayak ikan guppy dapat menerbosnya.
3.airator (jika memang diperlukan.
4. batu sedang ( untuk pemberat ceting agar tenggelam.
5. tubuhan secukupnya.


contoh untuk praktik



cara menggunakannya :

1. isi bak atau tempat ikan tersbetut dengan air secukupnya, kira kira tidak melebihi tinggi ceting.
2. letakkan ceting ke dalam bak.
3. masukkan batu kedalam ceting agar ceting dapat tenggelam dan tidak berubah kedudukannya (bergeser).
4. masukkan pasangan ikan guppy yang akan melahirkan (diperanakkan).
5. beri tumbuhan secukupnya untuk tempat sembunyi burayak.

nah setelah semua terpasang dengan baik tunggu ikan guppy beranak dan anaknya itu menerobos melalui lubang kecil pada cetting tersebut. alhasil induk ikan guppy tidak dapat mengejar burayak dan memaknnya.

sekian cara saya untuk mengatasi anakan ikan guppy agar tidak di makan indukannya.
semoga bermanfaat.  ^_^

0 comments:

Post a Comment